Dinas PUTR Bersama Masyarakat Bangun Sarana Air bersih melalui kegiatan Pamsimas 3

  • Minggu, 08 Oktober 2020 - 22:01:20 WIB
  • Administrator
Dinas PUTR Bersama Masyarakat Bangun Sarana Air bersih melalui kegiatan Pamsimas 3

Salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia adalah Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat atau biasa disebut PAMSIMAS, program ini dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota. S

Program Pamsimas  bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan dan peri-urban. Dengan  Pamsimas, diharapkan mereka dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Penerapan program ini dalam rangka mendukung pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi) melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.

Saat ini program PAMSIMAS sudah beberapa kali dilaksanakan. PAMSIMAS 1dilaksanakan tahun 2008 s/d 2011, PAMSIMAS 2 dilaksanakan tahun 2013 s/d 2016. Tahun 2020 sedang dilaksanakan PAMSIMAS 3. Tahun 2020 desa di Kabupaten Kepulauan Talaud yang  mendapatkan program PAMSIMAS 3 terdiri dari beberapa desa dibiayai Dana APBN yaitu Desa Essang Selatan, Dapihe, Ambela, Dapalan, Niampak, Kabaruan, Lalue, Bowombaru Utara, Awit Selatan, Ambia, Bulude Selatan dan Niampak Utara   sedangkan 2 Desa Dana APBD yaitu Desa Riung Utara dan Desa Riung di Kecamatan Tampan’ Amma.

(VivaS-Red)

  • Minggu, 08 Oktober 2020 - 22:01:20 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya