Dinas PUTR bangun Sanitasi Berbasis Masyarakat di Desa Kabupaten Talaud

  • Minggu, 19 Oktober 2020 - 14:24:25 WIB
  • Administrator
Dinas PUTR bangun Sanitasi Berbasis Masyarakat di Desa Kabupaten Talaud

Sanitasi Berbasis Masyarakat merupakan program yang menyediakan prasarana air limbah bagi masyarakat di daerahh kumuh. Dalam pembangunan Sanitasi Berbasis Masyarakat, digunakan konsep pemberdayaan masyarakat untuk menjadikan masyarakat aktor utama dalam proses perencanaan, pembangunan, operasional dan pemeliharaan sanitasi komunal, dengan tujuan agar fasilitas yang terbangun dapat memberikan manfaat berkelanjutan.

            Pembangunan fasilitas sanitasi berbasis masyarakat ini didukung penuh oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang sanitasi selain didukung oleh pendananaan APBN Direktorat Jenderal Cipta Karya- Kementrian Pekerjaan Umum. Pemerintah Pusat juga mendorong pembangunan fasilitas sanimas melalui dukungan dana luar negeri dan dana APBD melalui berbagai kerangka program.

            Pembagunan Sanitasi Berbasis Masyarakat di Kabupaten Kepulauan Talaud pada tahun 2019 dilaksanakan di kecamatan Essang terdiri dari Desa Lalue, Desa Essang Selatan dan Desa Bulude sedangkan kecamatan Kabaruan di Desa Bulude. Untuk Tahun 2020 kegiatan ini masih dilanjutkan meski di tengah kondisi pandemic Covid-19.

  • Minggu, 19 Oktober 2020 - 14:24:25 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya